Home » Berita » Tips Menggunakan Microwave

Tips Menggunakan Microwave

Tips Menggunakan Microwave – Microwave oven saat ini telah menjadi komoditas yang penting untuk di miliki di dapur. Dengan oven ini, akan memudahkan dan mempersingkat waktu ketimbang memasak dengan cara yang tradisional. Namun, ketika hendak menggunakan microwave oven, ada banyak hal yang harus diperhatikan. Terutama dalam cara pemakaian dan penggunaannya. Hal ini dapat bermanfaat bagi keamanan dan keselamatan Anda ketika memasak menggunakan alat bersuhu tinggi ini.

Tips Menggunakan Microwave

10 Cara Aman Menggunakan Microwave Oven

  1. Gunakan Wadah yang Tahan Panas

Ketika hendak menggunakan microwave, pastikan wadah yang Anda pakai memang dapat bertahan dalam suhu tinggi. Perhatikan pula ketahanan wadah tersebut, ada beberapa wadah yang memang hanya tahan hingga suhu 150 Celcius, ada pula yang hingga 250 Celcius.

Hindari menggunakan bahan yang berbahan dasar logam, karena dapat memicu percikan api. Kemudian, jangan sekali-sekali mencoba memasukan wadah berbahan plastik karena akan meleleh begitu dimasukkan ke dalam microwave.

  1. Taruh Microwave Oven di Atas Meja

Ketika meletakkan microwave oven, Anda perlu memberinya ruang yang sedikit luas. Jangan bertumpuk dengan barang apapun. Setidaknya beri jarak minimal 10 cm dari tembok. Selain itu beri ruang yang cukup di depan oven sehingga memudahkan Anda ketika mengangkat makanan yang baru saja dimasak.

  1. Sebelum Dimakan, Diamkan Dahulu Makanan dari Oven

Setelah Anda mendengar bunyi “bep” atau “ting” dari microwave oven. Sebaiknya, diamkan dulu makanan selama 2-3 menit. Sehingga paparan panas bisa berkurang dan tidak menyengat kulit Anda.

  1. Jangan Nyalakan Pemanas Saat Microwave Kosong

Saat Anda tidak sedang memasak sesuatu, jangan coba-coba untuk menyalakan microwave. Mengapa? Karena gelombang micronya dapat melambung dan menabrak dinding interior oven. Sehingga menyebabkan alat ini terbakar.

  1. Bersihkan Microwave Oven Anda Secara Teratur

Microwave oven yang sering digunakan juga bisa kotor dan terdapat bakteri. Maka Anda perlu rajin-rajin untuk membersihkannya. Selain itu, dengan dibersihkan secara teratur mengurangi juga peluang terjadinya percikan api. Namun perhatikan juga keselamatan Anda ketika membersihkannya, cabut kabel listrik sehingga aman.

  1. Jika rusak, jangan diperbaiki sendiri

Sebaiknya ketika microwave oven Anda rusak, pertama cek dulu garansinya apakah masih berlaku atau tidak. Jika tidak, bawa saja ke ahlinya atau ke tukang servis. Karena ada banyak komponen listrik yang melekat pada oven, sehingga bisa membahayakan keselamatan Anda yang kurang paham tentang seluk beluk microwave ini.

Kemudian, bagaimanapun microwave oven ini masih termasuk alat elektronik. Ketika sering terjadi putus aliran listrik maka dapat mempengaruhi kinerja oven. Selain itu, setiap oven bekerja selalu membutuhkan daya voltase yang besar.

Guna menghindari putusnya aliran listrik akibat penggunaan microwave oven, sebaiknya Anda bisa menggunakan genset. Anda tidak perlu khawatir karena di pasar telah banyak yang jual genset yanmar 50 kva.

Bahkan bila Anda berdomisili di Surabaya, Anda bisa mencari genset dengan berbagai pilihan kva. Saat ini telah banyak agen genset Surabaya yang menyediakan mesin genset beragam kaapsitas.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *