Home » Bibit » Apple Cider Vinegar dan Manfaatnya

Apple Cider Vinegar dan Manfaatnya

Pernah mendengar yang namanya cuka apel atau disebut dengan Apple Cider Vinegar. Namun, mungkin sedikit dari segelintir orang mengenal  manfaat cuka apel untuk kesehatannya yang begitu luar biasa.

Pada umumnya cuka apel digunakan untuk memasak, memanggang, salad dressing dan untuk pengawet makanan. Karena rasanya yang begitu asam, memang tidak dianjurkan untuk langsung diminum. Perlu ada tambahan air atau teh agar tidak terlalu asam.

Cuka apel atau Apple Cider Vinegar telah memiliki sejarah panjang sebagai bahan pegobatan yang banyak dilakukan di rumah. Baik mengobati sakit tenggorokan, mengurangi varises, dan lain-lain. Faktanya, cuka apel itu memiliki berbagai manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Adakah manfaat yang di berikan oleh Apple Cider Vinegar ini? Berikut ini beberapa manfaat kesehatannya :

Apple Cider Vinegar dan Manfaatnya

 

  • Dapat Menurunkan Berat Badan

 

Menambahkan dua sendok cuka apel, campurkan air sebanyak dua liter dan menghirupnya sepanjang hari dapat membantu meningkatkan upaya penurunan bagi berat badan. Semua jenis vinegar telah digunakan selama bertahun-tahun untuk membantu penurunan berat badan, karena membuat kenyang pada badan.

Sebuah studi yang diterbitkan di Bioscience, Biotechnology, and Biochemistry menunjukkan bahwa seseorang yang mengonsumsi cuka apel selama 12 minggu berhasil mencapai penurunan berat badan dan lemak perut, lingkar pinggang, dan trigliserida.

Penelitian lain dari Jepang telah menemukan bahwa seseorang yang kelebihan berat badan yang meminum cuka apel setiap hari selama 12 minggu memiliki lemak kurang visceral (lemak perut), lingkar pinggang lebih rendah dan BMI yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak meminum cuka sari apel.

 

 

  • Menjaga Tingkat pH Alkalin yang Sehat

 

Sebagian besar dari kita cenderung tubuhnya lebih asam di bandingkan basa. Salah satu langkah menuju kesehatan yang lebih baik adalah dengan tubuh yang lebih basa. Langkah pertama menuju kesehatan prima adalah dengan cara membantu tubuh menjadi lebih basa.

Keseimbangan dari asam dan basa ini perkara yang penting, karena mengingat fungsi dari tubuh yang memang terkadang terjadi pada tingkat keasaman atau alkalinitas tertentu. Banyak enzim dan reaksi kimia yang bekerja paling baik dengan pH tertentu, dan penelitian mengatakan bahwa kadar asam yang terlalu tinggi membuat tubuh kekurangan energi.

Makanan pembentuk asam itu di akibatkan biasanya dari makanan olahan, kemudian gula, dan makanan yang mengandung karbohidrat. Anda bisa membuat tubuh lebih basa dengan cara alami, dan cuka apel ini dapat menjaga pH Alkalin dalam tubuh.

 

 

  • Cuka Apel dapat membantu mengatur gula darah

 

Terdapat penilitian yg di lakukan di Arizona State University oleh Dr Carol Johnston menunjukkan manfaat cuka sari apel pada orang-orang yang mengalami diabetes tipe 2.

Penelitian ini mencatat pada mereka yang minum apple vinegar saat makan akan memberikan rasa kenyang dan dapat mengurangi glikemia postprandial yang bermanfaat untuk orang-orang pre diabetes dan diabetes.

Para riset meneliti bahwa tatkala meminum cuka apel 2 sendok makan ketika sebelum tidur dapat menurunkan kadar gula darah rata rata 4 sampai 6 persen di pagi hari.

sumber blog kesehatan : jukeindonesia.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *