Home » Kesehatan » Apa Saja Makanan Yang Termasuk Makanan Sehat Ibu Menyusui ?

Apa Saja Makanan Yang Termasuk Makanan Sehat Ibu Menyusui ?

Makanan yang dikonsumsi oleh seorang ibu dapat mempengaruhi gizi pada ASI yang diproduksi oleh tubuh sang ibu. Hal ini dapat berpengaruh terhadap proses tumbuh dan berkembang sang bayi karena pada usia 0 th, bayi baru menerima asupan nutrisi dari ASI. Ada banyak sekali pilihan makanan yang dapat dikonsumsi ibu menyusui, namun perlu diperhatikan asupan gizi yang terkandung dalam makanan tersebut. Berikut beberapa makanan yang cocok dikonsumsi ibu menyusui :

Apa Saja Makanan Yang Termasuk Makanan Sehat Ibu Menyusui

 

  • Nasi Merah

 

Nasi merah cocok sekali bagi sang ibu untuk diet glukosa agar menurunkan berat badan yang bertambah pasca kelahiran sang buah hati. Nasi merah memiliki kandungan glukosa yang rendah tetapi memiliki kandungan karbohidrat yang cukup untuk menggantikan nasi putih yang mengandung glukoasa lebih banyak dari nasi merah. Nasi merah mampu memberikan energi pada ibu yang menyusui karena kandungan karbohidrat yang tinggi dan  tidak membuat berat badan bertambah karena kadar glukosa yang rendah.

 

 

  • Keju Dipasteurisasi

 

Salah satu asupan yang penting selain karbohidrat , yaitu kalsium. Kalsium berperan dalam pertumbuhan tulang dan gigi. Hal ini baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi bayi.Selain itu kalsium berguna untuk memperkecil resiko pengeroposan tulang pada sang ibu.  Salah satu makanan yang memiliki kandungan kalsium yang tinggi, yaitu Keju yang dipasteurisasi. Keju yang telah dipasteurisasi mengandung kalsium yang banyak. Dengan mengonsumsi 50gr keju setiap harinya, sang ibu dapat memenuhi kebutuhan kalsium bagi bayi.

 

 

  • Daging Sapi

 

Kekurangan zat besi dapat berdampak pada kondisi kesehatan ibu. Zat besi ikut membantu membentuk energi. Ibu menyusui membutuhkan energi lebih banyak dibandingkan dengan ibu yang tidak menyusui. Jika asupan zat besi kurang, maka energi yang dihasilkan akan berkurang dan mengakibatkan tubuh kekurangan energi.  Selain itu, ibu menyusui dan memiliki bayi rentan menderita anemia. Hal ini dapat diatasi dengan memakan makanan yang mengandung zat besi seperti daging sapi. Dengan mengonsumsi 100gr daging sapi tanpa lemak setiap harinya dapat membantu perbaikan kandungan zat besi pada tubuh sang ibu.

 

 

  • Ikan Salmon

 

Ikan merupakan salah satu sumber protein yang dibutuhkan dan berperan bagi pertumbuhan sang bayi. Selain itu, beberapa jenis ikan mengandung DHA dan EPA serta omega-3  yang berperan dalam perkembangan otak dan mata pada masa usia satu tahun pertama sang bayi. Selain itu,DHA dapat berguna bagi ibu hamil untuk memperkecil resiko sang ibu depresi pasca melahirkan. Kandungan tersebut terkandung pada ikan salmon. Dengan mengonsumsi 340gr ikan salmon setiap minggunya, dapat memenuhi kebutuhan  DHA dan EPA serta omega-3 bagi ibu menyusui dan sang buah hati tercinta.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *