Home » Kesehatan » 7 Minyak Goreng Sehat Untuk Masak

7 Minyak Goreng Sehat Untuk Masak

Makanan yang digoreng memang termasuk makanan yang paling menggoyang lidah. Oleh karena itu kita sering menemui makanan yang digoreng di sekitar kita. Namun, konsumsi makanan yang digoreng yang berlebihan dapat menimbulkan penyakit seperti kolesterol. Untuk menanggulangi hal tersebut, Anda dapat menggunakan minyak goreng sehat dalam memasak makanan. Apa saja yang termasuk minyak goreng sehat?

7 Minyak Goreng Sehat Untuk Masak

  1. Minyak zaitun

Minyak zaitun dikenal sebagai salah satu minyak paling sehat dengan kandungan lemak tak jenuh mencapai 80 persen serta omega-3, omega-6, vitamin E, dan vitamin K yang tinggi. Anda dapat menggunakan minyak ini untuk menumis dan dressing salat, namun minyak ini kurang cocok untuk  deep-fry.

 

  1. Minyak biji anggur

Minyak yang diperoleh dari biji anggur ini juga termasuk minyak yang sehat karena memproduksi senyawa aldehida yang lebih rendah dibanding mentega dan minyak hewani. Minyak ini juga kaya akan asam lemak sehingga lebih stabil saat dipanaskan.

 

  1. Minyak berbahan dasar kacang

Minyak ini dibuat dari kacang yang disangrai hingga mengeluarkan minyak. Dalam satu sendok minyak kacang terdapat 16 gram lemak tak jenuh yang sangat baik bagi kesehatan jantung. Selain itu minyak ini juga mengandung mineral dan vitamin serta antioksidan untuk melawan radikal bebas.

 

  1. Minyak wijen

Minyak wijen memiliki kandungan lemak tak jenuh yang tinggi sehingga dapat menghambat pembentukan kolesterol jahat di dalam tubuh. Asam phytate dalam minyak wijen juga berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menurunkan risiko kanker.

 

  1. Minyak kanola

Minyak yang dibuat dari ekstrak bunga kanola ini dipercaya lebih sehat karena kandungan lemak tak jenuh, omega-3, dan omega-6 yang tinggi. Minyak ini memiliki tekstur cair sehingga tidak mempengaruhi rasa makanan, serta titik didih tinggi yang membuatnya cocok untuk menumis, menggoreng, dan memanggang makanan.

 

  1. Minyak bunga matahari

Minyak bunga matahari sering digunakan sebagai pengganti minyak sayur biasa karena kandungannya tetap stabil meskipun terkena panas. Tidak hanya itu, minyak bunga matahari yang dibuat dari ekstrak biji bunga matahari ini juga mengandung berbagai nutrisi bermanfaat seperti asam oleat, betain, dan asam phenolic yang berfungsi sebagai antioksidan.

 

  1. Minyak alpukat

Meskipun popularitasnya tidak seperti minyak lainnya, minyak alpukat ternyata juga termasuk minyak yang sehat. Di dalam minyak terkandung lemak tak jenuh, vitamin E, protein, dan potasium yang dapat meningkatkan kesehatan. Minyak alpukat juga digunakan sebagai obat anti-inflamasi dan menurunkan nilai risiko pengeroposan tulang.

 

Nah itulah diantara minyak goreng sehat yang dapat Anda gunakan untuk memasak. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan cara memasak seperti meminimalisir kandungan minyak goreng dengan menggunakan alat penyerap minyak sehingga makanan Anda jadi lebih sehat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *