Home » Budidaya » Grosir Bibit Ikan Koi Import Harga Murah

Grosir Bibit Ikan Koi Import Harga Murah

Budidaya jenis ikan koi merupakan sebuah usaha yang begitu banyak di gemari oleh beberapa kalangan. Dalam budidaya jenis ikan koi terdapat suatu Hal yang harus di perhatikan yaitu yang  pertama yang harus di lakukan pastinya anda harus teliti dalam memilih indukan yang berkualitas,maka dari itu anda di haruskan untuk mencari indukan atau pejantan dan juga betina yang sehat dengan cara melihat pergerakan ikan ketika berenang atau beraktivitas,cara lain anda dapat melihat pada bagian sisik dan juga sirip ikan koi. Grosir Bibit Ikan Koi Import Harga Murah

Grosir Bibit Ikan Koi Import Harga Murah

Tahap Budidaya Ikan Koi Dengan Benar Dan Praktis

Tahapan budidaya ikan koi yang pertama adalah pastinya anda harus teliti dalam memilih indukan yang berkualitas,maka dari itu anda di haruskan untuk mencari indukan atau pejantan dan juga betina yang sehat dengan cara melihat pergerakan ikan ketika berenang atau beraktivitas,cara lain anda dapat melihat pada bagian sisik dan juga sirip ikan koi, jangan sampai ada penyakit yang mana nantinya bisa menular dan juga berbahaya seperti ; jamur, kutu, cacing insang, dan bakteri pada mata ikan.

Pilih indukan ikan koi jantan dengan kisaran usia 2 tahun dan untuk betina minimal antara usia 3 tahun,melakukan budidaya pada ikan koi juga harus memperhatikan jumlah indukan yang akan di jodohkan,agar nantinya budidaya ikan koi bisa sukses dan juga memuaskan, maka dari itu kita harus menempatkan antara 1 indukan betina dengan 2 indukan pejantan.

Ini dilakukan untuk menjaga-jaga jika terdapat salah satu indukan jantan tidak dapat membuahi telur dan juga masih ada indukan pada jantan lainna,cara budidaya ikan koi seperti ini juga akan berdampak pada jumlah telur yang akan menetas nantinya.

Cara Membedakan Ikan Koi Jantan dan Betina

Untuk anda yang sedang bingung untuk membedakan indukan ikan koi jantan dan juga betina,mungkin tips ini akan bermanfaat bagi anda dan cara ini sangatlah mudah. Pada dasarnya jenis Ikan koi jantan memiliki atau mempunyai tekstur bentuk tubuh yang panjang dan juga ramping,sedangkan pada jenis indukan betina memiliki ukuran tubuh besar dan juga perut yang buncit. Ciri indukan betina seperti ini nantinya akan menandakan bahwa indukan ikan koi betina siap untuk di jodohkan atau di kawinkan.

Kolam Budidaya Ikan Koi

Disini saya akan membahas tentang dua macam atau jenis kolam yang bisa kita pilih untuk berbudidaya ikan koi. Kebanyakan orang yang berbudidaya ikan koi akan di budidaya menggunakan kolam terpal, namun ada juga orang yang berbudidaya ikan koi di kolam beton atau semen,Tempat budidaya ikan koi  ini seperti tentu memiliki keunggulan dan juga terdapat kelemahan yang mana masing-masing tersebut juga mempunyai keunggulan.

Budidaya Ikan Koi di Kolam Terpal

Tempat budidaya ikan koi yang sangat viral akhir-akhor ini adalah kolam terpal yang mana kolam jenis ini lebih efisien dan juga tidak memakan budget yang banyak. Jenis kolam terpal sangat mengirit dana dan juga mengirit bagi anda yang tidak emmpunyai lahan yang cukup luas, karena itu maka kita hanya butuh terpal dan juga beberapa bilah bambu untuk membuat kolam  terpal. Namun juga terdapat sebuah kekurangan dari budidaya ikan koi di kolam terpal yang paling utama adalah tidak tahan lama dan sangat mudah bocor. Jenis terpal pada umunya hanya akan bertahan kurang lebih 1 sampai 2 tahun pemakaian saja.

Budidaya Ikan Koi di Kolam Semen

Budidaya ikan koi di kolam beton atau semen sangatlah efektif dan juga aman,jenis kolam beton atau semen merupakan tempat pembudidayaan ikan koi yang paling banyak dan juga paling sering di lakukan para petani ikan koi dan juga sering juga digunakan oleh para pembudidaya ikan koi yang sudah mahir dan profesional. Hal ini dikarenakan mudahnya untuk tahap membersihkan tempat dan juga sangat berdaya tahan lama,kolam beton budidaya ikan koi mampu bertahan 5 hingga 10 tahun, dan tergantung perawatan yang diberikan.

Kesimpulan

Ikan koi merupakan jenis ikan hias yang memepunyai nilai ekonomis yang cukup tinggi. Pada dasarnya jenis ikan koi banyak di budidayakan pada kolam terpal maupun kolam semen,hal itu terjadi di karenakan adanya perbedaan yang cukup mendasar antara budidaya dengan kolam terpal atau dengan kolam semen. Kali ini admin tidak membahas akan budidaya di kolam terpal atau kolam semen,melainkan akan membahas tentang budidaya ikan koi dengan benar dan juga teliti.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *