Home » Bibit » Grosir Bibit Tanaman Kakao Harga Murah

Grosir Bibit Tanaman Kakao Harga Murah

Kakao merupakan sebuah pohon yang berasal dari daerah Amerika Selatan. Kini pohon kakao ini sudah tersebar di daerah – daerah tropis di dunia. Biji yang dihasilkan oleh pohon kakao ini nantinya akan diolah menjadi coklat.  Grosir Bibit Tanaman Kakao Harga Murah

Grosir Bibit Tanaman Kakao Harga Murah

Coklat merupakan sebuah makanan yang berasal dari olahan biji kakao. Coklat berbeda dengan kakao, coklat merupakan hasil olahan kakao. Coklat pertama kali dikenalkan oleh bangsa Mesoamerika, dahulu coklat masih dijadikan hanya sebagai minuman oleh kaum bangsawan dan raja. Saat ini coklat sudah bisa dikonsumsi oleh berbagai kalangan, biasanya digunakan untuk hadiah sebuah perayaan. Coklat bisa dimakan dalam keadaan panas ataupun dingin.

Coklat merupakan makanan yang terbuat dari tanaman kakao,yang mana tanaman ini memiliki kandungan alkaloid seperti anandamida, teobromin, dan feletinamina. Coklat juga dapat menurunkan tekanan darah (apabila dikonsumsi dengan porsi secukupnya). Coklat juga dapat mencegah pembentukan radikal bebas dalam tubuh karena mengandung anti oksidan.

Hingga saat ini rasa coklat sulit untuk dimengerti pasalnya coklat sendiri tercipta dari campuran 1.200 macam zat dan tidak ada satu zat pun yang menghasilkan rasa yang paling dominan. Efek psikologis saat mengkonsumsi coklat ini terasa sangat lumer, karena lemak kakao ini berada dalam suhu dibawah suhu normal manusia. Efek lumer ini bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita antara lain dapat meningkatkan aktivitas otak dan memperkuat denyut jantung (bagi penderita jantung lemah).

Pohon kakao ini bisa tumbuh mencapai ketinggian 10 m, namun pada kenyataan nya pohon kakao ini hanya tumbuh maksimal mencapai 5 m saja tapi memiliki perawakan pohon yang lebar. Bunga dari pohon kakao ini berukuran kecil dengan diameter mencapai 3 cm saja. Buah kakao tumbuh dari bunga yang sudah mengalami penyerbukan. Warna dari buah kakao ini berubah – ubah , jika buah masih muda maka kulitnya berwarna hijau sampai ungu. Jika buah kakao sudah matang maka warna kulitnya berubah menjadi kuning. Biji kakao dilindungi oleh semacam salut biji berwarna putih.

Pohon kakao dalam dunia perdagangan dibagi menjadi 2 kelompok besar yakni kakao mulia dan kakao curah / lindak. Di Indonesia pohon kakao mulia ini banyak ditanam di daerah Jawa Timur tepatnya di daerah Jember. Untuk kakao curah hampir di seluruh Indonesia memproduksi jenis ini. Namun kualitas kakao curah ini sangat rendah, meskipun produksinya melebihi kakao mulia di Indonesia. Produksi kakao di dunia dari tahun ke tahun semakin meningkat. Pohon kakao mulai berbuah saat berusia 4 – 5 tahun, pohon kakao dewasa dapat berbunga hingga 6.000 bunga per tahunnya. Namun buah yang dihasilkan hanya sedikit, sekitar 20 buah saja.

Pohon kakao umumnya hanya dimanfaatkan bijinya untuk pengolahan bubuk coklat. Bubuk coklat ini nantinya digunakan untuk berbagai olahan makanan seperti es krim, minuman, susu, dan lain sebagainya. Rasa coklat yang khas dan aromanya yang harum ini banyak disukai oleh orang – orang khususnya kaum anak – anak dan remaja.

Tahap Perawatan Dan Pemeliharaan Bibit Pohon Kakao

Penyiraman, lakukan penyiraman bibit kakao jika dibutuhkan karena tanaman kakao sangat sensitif terhadap cuaca (terlalu panas atau terlalu dingin) jika cuaca sedang panas – panasnya lebih baik lakukan penyiraman air. Penyiraman tanaman kakao tidak dilakukan sepanjang waktu cukup melihat kondisi yang diperlukan saja.

Penyulaman, lakukan pemantauan bibit pohon kakao ini secara rutin. Segera sulam bibit kakao yang mati, tumbuh tidak sempurna, dan terserang hama atau penyakit.

Penyiangan, rumput – rumput yang tumbuh sembarangan di sekitar bibit kakao harus segera dilakukan penyiangan agar bibit kakao ini nantinya tidak terganggu pertumbuhannya. Hindari penggunaan pestisida pada bibit kakao karena kemungkinan akan mati karena kerusakan tanah dan keracunan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *