Home » Bibit » Grosir Bibit Durian Musang King Murah

Grosir Bibit Durian Musang King Murah

Pohon durian musangking menyukai daerah yang memiliki tanah yang gembur, subur, dan lembab. Durian musangking ini memiliki harga yang cukup tinggi sehingga banyak yang tertarik untuk membudidayakannya. Jenis pohon durian musangking ini lebih produktif di tanam pada ketinggian antara 400 mdpl – 600 mdpl. Pohon durian musangking ini menyukai daerah yang basah dan memiliki curah hujan yang tinggi.  Grosir Bibit Durian Musang King Murah.

Grosir Bibit Durian Musang King Murah

Sebenarnya pohon durian musangking ini termasuk tumbuhan yang subur dan menyukai daerah yang beriklim basah. Pohon durian musangking ini cocok ditanam di daerah yang memiliki curah hujan yang tinggi.

Durian musangking merupakan jenis durian yang dapat tumbuh di daerah yang memiliki ketinggian mencapai 1000 mdpl.

Durian musangking ini bila ingin dibudayakan dan mendapatkan hasil panen yang banyak harus mendapatkan perlakuan yang bagus.

Cara budidaya bibit durian musangking dengan mudah

Pilihlah bibit durian musangking yang tidak jangkung dan memiliki daun yang baik (tidak rusak karena hama dan penyakit).Pilihlah bibit durian musangking yang cukup umur dan batang bibitnya telah berukuran cukup besar. Setidaknya tinggi batangnya sudah mencapai 15 cm.Jika pemilihan bibit pohon durian musangking sudah ditentukan langkah selanjutnya adalah menyiapkan lahan budidaya.

Tahap persiapan lahan dan pembuatan lubang tanam untuk bibit pohon durian musangking

Pertama – tama adalah lakukan pembersihan gulma – gulma yang tumbuh liar di lahan tersebut. Jika sudah bersih , buatlah lubang – lubang tanam untuk bibit pohon durian montong. Lakukan juga pengukuran untuk jarak tanam nya agar nantinya pohon durian montong tidak saling berdempetan dan beradu. Jarak antara lubang tanam ini kira – kira mencapai 2,5 m. Tanah galian dari lubang tanam tadi kumpulkan dan campurkan dengan pupuk organik (pupuk kandang dan pupuk kompos) campuran ini nanti akan digunakan sebagai tanah timbun. Pastikan juga tidak ada penghalang (pohon peneduh) yang menghalangi sinar matahari menuju ke lahan. Karena bibit pohon durian musangking ini nantinya sangat membutuhkan sinar matahari. Lubang tanam yang kita buat tadi pastikan berukuran 50 x 50 x 50 cm atau 100 x 100 x 100 cm. Jika sudah selesai , biarkan lubang tanam tersebut selama 3 hari sebelum proses penanaman dimulai. Pembiaran ini bertujuan untuk membunuh hama dan penyakit yang ada di dalam tanah.

Proses penanaman bibit pohon durian musangking

Langkah selanjutnya adalah proses penanaman bibit. Pastikan saat akan menanam bibit tidak merusak struktur akarnya. Tanam bibit tersebut tepat di tengah – tengah lubang tanam dan timbun secara pelan – pelan dan padat dengan tanah timbun yang sudah kita buat sebelumnya. Penimbunan secara padat ini dilakukan agar pohon durian musangking nantinya tidak mudah roboh. Setelah proses penanaman selesai, lakukan penyiraman air pada bibit secukupnya dan jangan sampai terjadi penggenangan di sekitar bibit pohon durian musangking.

Tahap penyiangan, pastikan lakukan penyiangan terhadap bibit durian musangking yang baru ditanam agar bibit durian musangking terbebas dari gulma sehingga pertumbuhan dan perkembangan bibit durian musangking ini tidak akan terhambat.

Tahap penyiraman, hal – hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan penyiraman :

  • Penyiraman awal bibit durian musangking ini sebaiknya dilakukan pada pagi dan sore hari , siram dengan air yang cukup dan jangan sampai terjadi penggenangan.
  • Kebutuhan air yang diperlukan untuk bibit durian musangking ini adalah sekitar 4 – 5 L/hari. Apabila sudah berusia dewasa kebutuhan air mencapai 10 – 12 L/hari.
  • Setelah bibit durian musangking ini berusia 1 bulanan, penyiraman air dilakukan sebanyak 3x dalam seminggu. Karena biasanya bibit durian musangking ini sudah menunjukkan bakal buah nya.
  • Penyiraman air pada pohon durian musangking ini usahakan jangan sampai terlambat karena bisa menyebabkan pohon durian kehilangan bakal buahnya.
  • Bila nantinya pohon durian musangking sudah melalui proses panen kebutuhan air nya akan meningkat secara drastis. Ini dikarenakan pohon durian musangking perlu air untuk memulihkan kondisi nya menjadi normal kembali.

Tahap pemupukan, pemupukan bibit durian musangking ini bisa dilakukan dengan dosis – dosis tertentu sesuai dengan umurnya , berikut adalah contohnya (penggunaan pupuk jenis NPK) :

  • Bibit durian musangking usia 1 tahun, dosis pupuk NPK yang diperlukan adalah 40 gram – 80 gram per pohonnya untuk 1 tahun.
  • Bibit durian musangking usia 2 tahun, dosis pupuk NPK yang diperlukan adalah 150 gram – 300 gram per pohonnya untuk 1 tahun.
  • Bibit durian musangking usia 3 tahun – 4 tahun, dosis pupuk NPK yang diperlukan adalah 400 gram – 600 gram per pohonnya untuk 1 tahun.
  • Untuk usia seterusnya bisa digunakan pupuk jenis kompos saja (pupuk organik) setahun sekali pada saat akhir musim hujan dengan dosis 15 – 20 kg per pohonnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *