Home » Berita » Mobil Mewah Incar Crazy Rich

Mobil Mewah Incar Crazy Rich

agar #CrazyRichSurabayan yang menggambarkan kehidupan orang tajir melintir asal Surabaya viral di jagad netizen. Orang-orang kaya inilah, bukan cuma asal Surabaya, yang menjadi pasar empuk mobil mewah. Fransisca Prandayani, General Manager Aston Martin Jakarta, mengungkapkan, pasar mobil mewah di Tanah Air menjanjikan. Salah satu buktinya, “Kalau dilihat akhir-akhir ini, sudah banyak pemain yang masuk ke Indonesia. Mereka berani masuk, tentu lantaran peluang di sini masih besar,” ungkap dia, Jumat (21/9). Memang, kue mobil mewah terbilang kecil.

Alhasil, sesama pemain kendaraan berharga miliaran ini harus memiliki strategi bisnis yang baik untuk merebut hati para crazy rich itu. “Pelanggan Aston Martin adalah pebisnis, kelas owner atau pemangku kepentingan dalam perusahaan,” sebut Fransisca. Tahun ini, Aston Martin Jakarta tak memasang target muluk-muluk, cukup menjual 10 mobil. Sampai sekarang, menurut Francisca, sudah lebih dari separuh mobil dari target yang terjual. Salah satu andalan diler resmi mobil asal Inggris itu adalah New Vantage Aston Martin. Harga jualnya mencapai Rp 5 miliar per unit. Fransisca mengklaim, tak hanya mewah, New Vantage Aston Martin juga punya performa oke.

“Jadi, tetap nyaman dibawa berkendara setiap hari,” ujar dia berpromosi. Seiring pengenaan pajak peng- hasilan (PPh) impor untuk mobil mewah sebesar 10% hingga 125%, Aston Martin Jakarta belum ada rencana menaikkan harga jual supercar-nya.

Biar kaya tetap kredit
Peluang pasar yang besar di Indonesia juga membuat Prestige Image Motorcars mendatangkan Lamborghini Huracan Performante Spyder Agustus lalu. Supercar dari Italia ini hanya ada dua unit di negara kita dan berharga Rp 14,8 miliar off the road. “Untuk kategori pembelinya, biasa pemilik bisnis,” ujar Rudy Salim, Presiden Direktur Prestige Image Motorcars. Prestige Image Motorcars merupakan diler supercar nan eksotis sejumlah pabrikan. Sebut saja, Aston Martin, Ferrari, Lamborghini, Koenigsegg, Rolls Royce, Bentley, hingga McLaren. Rudi mengatakan, meskipun pembelinya orang super kaya, untuk urusan pembayaran, enggak semuanya membeli mobil secara tunai, lo. Hanya 50% pembeli membayar tunai sedang sisanya kredit. Supercar yang mengaspal di ja- lan-jalan Indonesia tidak hanya berharga belasan miliar rupiah. Tak sedikit yang harganya puluhan miliar. Contoh, Koenigsegg CCX yang harganya Rp 40 miliar per unit belum termasuk pajak. Plus pajak, harganya jadi Rp 67 miliar.

Mobil dari Swedia ini sempat dipamerkan komika Raditya Dika saat berkunjung ke rumah artis Raffi Ahmad di akun Instagramnya. Tapi belakangan, Ra? mengaku mobil itu milik temannya. Jongkie D. Sugiarto, Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), menilai, orang kaya yang membeli mobil supercar dengan harga selangit memang punya motivasi tersendiri. “Motivasinya macam-macam, ada yang memang hobi, mau tampil beda, kan uang sudah berlebihan,” ungkap dia ke KONTAN. Ya, para crazy rich memang pasar empuk mobil mewah.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *