Home » Bibit » Grosir Bibit Pisang Tanduk Siap Tanam

Grosir Bibit Pisang Tanduk Siap Tanam

Grosir Bibit Pisang Tanduk Siap Tanam. Pisang tanduk merupakan jenis pisang yang dalam satu tandan ini terdapat 8 -13 buah sisiran pisang dan tiap sisiran ini berisi 12 – 22 buah pisang. Daging buah pisang tanduk ini berwarna putih kekuningan , rasanya manis sedikit asam , dan memiliki tekstur yang lembut. Kulit buah dari pisang tanduk ini lumayan tebal dan berwarna hijau kekuningan dan kuning muda.

Grosir Bibit Pisang Tanduk Siap Tanam

 

Pisang tanduk merupakan salah satu jenis pisang yang populer di wilayah Indonesia. Pisang tanduk ini sering dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan pisang goreng. Pisang tanduk ini di wilayah Kudus , Jawa Tengah bisa disebut juga sebagai pisang byar.

Pohon pisang tanduk ini dapat tumbuh hingga mencapai tinggi 2,5 m – 3 m. Pohon pisang tanduk ini memiliki warna batang pohon hijau kemerahan. Daun yang dimiliki oleh pohon pisang tanduk ini berwarna hijau tua. Pohon pisang tanduk ini menghasilkan tandan pisang dengan panjang 60 cm – 100 cm dan memiliki berat rata – rata 15 – 30 kg.

Budidaya bibit pohon pisang tanduk

 

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam membudidayakan bibit pohon pisang tanduk adalah soal media tanam nya. Lahan yang digunakan untuk budidaya bibit pohon pisang tanduk sebaiknya memiliki tanah yang kaya akan unsur hara dan humus. Tanah juga harus minim sekali unsur garam nya yakni hanya sekitar 0,07 %. Bibit pohon pisang tanduk ini dapat hidup di daerah yang mencapai ketinggian 1.000 mdpl. Berikut ini ada paparan mengenai cara – cara yang tepat dilakukan dalam budidaya bibit pohon pisang tanduk :

Dalam memilih bibit pohon pisang tanduk hendaknya pilihlah bibit yang benar – benar berkualitas dan sehat tentunya. Sebaiknya pilih bibit dari hasil vegetatif (cangkokan tunas) agar pohon pisang tanduk nantinya cepat – cepat berbuah. Ciri – ciri bibit pohon pisang tanduk yang bagus adalah memiliki tinggi 1 m – 1,5 m dan diameter batang 15 cm – 20 cm. Sebaiknya pilih tunas cangkokan yang berasal dari indukan yang sehat dan unggul maka dapat dipastikan bakal anak nya nanti juga akan mewarisi sifat induknya (ini hanya berlaku pada bibit hasil vegetatif dan bukan generatif). Selain itu juga pilihlah tunas cangkokan yang memiliki bentuk ujung tunas yang runcing dan helai daunnya masih sempit.

  • ahap persiapan lahan penanaman bibit pohon pisang tanduk

Seperti persiapan lahan tanam bibit tanaman yang lainnya, lahan harus dibersihkan dahulu dari semak – semak atau gulma – gulma yang tumbuh secara liar. Hal ini dilakukan karena nantinya tanaman pengganggu ini hanya akan mencuri nutrisi yang seharusnya didapatkan oleh bibit pohon pisang tanduk. Selain membersihkan lahan tanam untuk bibit pohon pisang tanduk sebaiknya juga persiapkan jarak tanam untuk per bibit pohon pisang tanduk. Jarak tanam yang ideal adalah ukuran 2 x 2 m.

 

  • Tahap penentuan pola tanam untuk bibit pohon pisang tanduk

Penanaman bibit pisang tanduk untuk 3 bulan pertama biasanya memakai pola tanam sistem tumpang sari. Sistem tanam tumpang sari ini maksudnya adalah melakukan penanaman bibit tanaman sayuran atau tanaman pangan pada sela – sela bibit pohon pisang tanduk. Biasanya tanaman yang digunakan untuk tumpang sari ini adalah tanaman musiman saja.

  • Tahap pembuatan lubang tanam untuk bibit pohon pisang tanduk

Untuk lahan yang memiliki jenis tanah yang berat ( lahan gambut misalnya ) maka ukuran lubang tanam yang ideal untuk bibit pohon pisang tanduk adalah 50 cm x 50 cm x 50 cm. Untuk jenis tanah yang bagus atau bisa disebut tanah yang gembur ukuran jarak tanam untuk bibit pohon pisang tanduk hanya 30 cm x 30 cm x 30 cm atau juga bisa 40 cm x 40 cm x 40 cm. Untuk jarak tanam nya bisa menggunakan ukuran 2 m x 2 m atau 3 m x 3 m untuk di lahan yang memiliki tanah yang subur atau gembur. Sedangkan untuk lahan yang memiliki tanah yang berat ( gambut ) maka jarak tanam yang ideal untuk bibit pohon pisang tanduk adalah 3,3 m x 3,3 m.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *