Home » Kesehatan » Stimulasi Yang Tepat Anak 2 Hingga 3 Tahun Agar Tumbuh Cerdas

Stimulasi Yang Tepat Anak 2 Hingga 3 Tahun Agar Tumbuh Cerdas

Stimulasi Yang Tepat Anak 2 Hingga 3 Tahun Agar Tumbuh Cerdas

 

Menurut para ahli masa emas tumbuh kembang anak adalah pada saat dirinya berusia 0 hingga 3 tahun. Masa emas ini berarti pesatnya pertumbuhan dan perkembangan anak yang pada fase tumbuh kembang pada usia yang selanjutnya tidak akan terulang lagi.

Oleh karena itulah sangat pentingnya bagi setiap orang tua untuk mengetahui stimulasi perkembangan anak sesuai usia 2 hingga 3 tahun. Berikut beberapa stimulasi yang tepat anak 2 hingga 3 tahun agar tumbuh cerdas diantaranya yaitu :

 

  • Dengan Membiarkannya Bermain

 

Berikanlah anak kesempatan untuk bermain bersama orang lain atau bersama teman temannya. Sehingga nantinya akan didukungnya berbagai perkembangan sosial dan emosi anak. Dengan bermain ini maka anak akan dapat beradaptasi dengan anak anak yang lainnya. Tetapi untuk saling bergiliran dan berbagi adalah sesuatu hal yang tidak mungkin, karena diusianya itu anak balita masih berpikir secara egosentris atau berdasarkan pandangan mereka saja.

 

  • Dengan Menanamkan Keterampilan Sehari Hari

 

Tanamkanlah pada diri anak sejak dini tentang keterampilan sehari hari misalnya saja dengan menggunakan sendok dan memakai sepatu. Dengan menerapkan keterampilan ini maka akan dapat menunjang salah satu aspek perkembangan kemandirian dan sosial anak. Pada saat anak memakai baju sendiri maka dirinya sedang belajar perkembangan motorik halus dan kasarnya. Pada saat anak merasa kesulitan maka ajarkanlah anak untuk meminta tolong, dan ini bisa menjadi cara belajar meminta tolong pada orang lain dengan cara yang sopan.

 

  • Dengan Memperkenalkan Benda Benda Sekitar

 

Tumbuhkan rasa ingin tahu anak dengan mengajaknya untuk melihat lingkungan sekitar. Misalnya saja dengan mulai memperkenalkan dirinya sendiri untuk mengenal anggota tubuhnya. Akan terstimulasinya perkembangan kognitif, kemampuan indera, kercerdasan naturalis, dan perkembangan bahasanya, saat mereka diperkenalkan dengan benda benda kecil.

 

  • Dengan Mengajaknya Berkomunikasi

 

Dengan mengajak anak berkomunikasi maka akan terstimulasinya anak untuk menjadi lebih cerdas. Lakukanlah komunikasi yang efektif dan penuh makna. Lakukanlah komunikasi dengan posisi ibu yang sejajar atau menekuk lutut, mendengarkan cerita anak, dan menyelesaikan cerita anak.

 

  • Dengan Mengembangkan Imajinasinya

 

Diusianya ini anak sedang asik berimajinasi dengan dunianya sendiri. Untuk membantu perkembangannya ibu bisa dengan membaca bersama, bercerita, menyanyikan lagu, dan membaca sajak anak anak. Dengan melakukan ini maka akan dapat menstimulasi kreativitas, kognitif, bahasa, hingga keterampilan sosial anak.

Itulah beberapa stimulasi yang tepat anak 2 hingga 3 tahun agar tumbuh cerdas. Selain itu masih ada stimulasi yang lainnya seperti dengan memperkenalkannya memasak. Kenalkanlah anak memasak dengan cara yang aman, misalnya saja dengan memperkenalkan anak pada makanan makanan sehat seperti jus buah atau juga salad buah.

Source : Situs Parenting

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *