Home » Makanan » Makanan Khas Palembang Yang Menggoda Selera

Makanan Khas Palembang Yang Menggoda Selera

Makanan Khas Palembang Yang Menggoda Selera

 

Kuliner Palembang menjadi salah satu yang paling diburu oleh wisatawan yang berkunjung ke sana karena sangat dikenal mampu menggugah selera Anda. Memang beberapa makanan khas Palembang bisa ditemukan di kota-kota lain bahkan di pulau Jawa, tetapi menikmatinya secara langsung tentu saja rasanya akan lebih nikmat. Sayang sekali jika Anda mengunjungi kota Palembang tetapi tidak mencoba kulinernya.

Kuliner Khas Palembang

  1. Pempek

Siapa sih yang tidak kenal kuliner Palembang yang satu ini? Pempek sudah dikenal di kota-kota lain bahkan menjadi favorit banyak orang di Indonesia. Makanan ini terbuat dari ikan tenggiri dan tepung yang digoreng gurih serta dicocol dengan saus yang memiliki rasa khas masam, manis, kental dan pedas.

Bahkan perpaduan antara pempek dan sausnya sudah sangat pas, akan sangat kurang jika Anda memakan pempek tanpa dipadukan dengan sausnya. Pempek memiliki beberapa jenis seperti kapal selam, lenjer, kulit, adaan, telur kecil dan lain-lain. Kedai pempek yang paling populer di Palembang antara lain Pak Raden, Vico, Beringin dan lain-lain.

  1. Tekwan

Tekwan merupakan salah satu makanan yang paling dicari oleh wisatawan yang berkunjung ke sana. Tekwan merupakan makanan yang terbuat dari paduan tepung tapioka, ikan, putih telur ikan dan bumbu-bumbu lainnya. Untuk kuah dari tekwan sendiri terbuat dari bahan-bahan seperti jamur kuping, kaldu udang dan lain-lain. Untuk memperoleh rasa yang makin nikmat, ketika Anda memakannya bisa menambahkan sambal dan kecap manis.

  1. Model

Dari namanya mungkin Anda akan merasa sedikit aneh, tetapi makanan ini memiliki rasa yang sangat nikmat loh. Makanan yang satu ini terbuat dari tepung tapioka dan tepung terigu kemudian ikan yang dihaluskan. Adonan tersebut kemudian dibentuk seperti bola tenis untuk kemudian diisi tahu.

Sementara untuk kuahnya sendiri terbuat dari beberapa bahan sepeti udang segar, bunga sedap malam, bengkoang dan lain-lain. Model tidak hanya disajikan dengan bahan ikan, tetapi bisa juga terbuat dari daging dan tulang sapi.

Demikian artikel tentang kuliner Palembang yang sangat menggugah selera Anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *