Home » Advertise » Ingin Sukses Dalam Beriklan ? Coba Ikuti Tips Ini

Ingin Sukses Dalam Beriklan ? Coba Ikuti Tips Ini

Sukses Dalam Beriklan – Dalam dunia marketing, sangat banyak cara dan tahapan yang harus diperhatikan seperti product, place, price, danpromotion. Advertising adalah bagian marketing dari promosi itu sendiri. Iklan sangat mudah ditemui dimanapundan kapanpun, misalnya saja ketika membaca berita pagi di koran, ketika sedang mengupdate content di sosialmedia, ketika menonton televisi, mendengarkan siaran radio, bahkan ketika sedang berjalan menuju tempat yangingin dituju seperti sekolah atau tempat kerja, iklan akan terlihat di sepanjang jalan.

Sukses Dalam Beriklan

Iklan-iklan yang ditampilkan tersebut tersaji dalam berbagai macam bentuk media, seperti media digital atauonline, media cetak seperti koran, majalah, tabloid, dan sebagainya, serta media komunikasi gambar dan suaraseperti televisi. Iklan juga banyak ditampilkan dalam bentuk billboard, banner, spanduk, maupun iklan berjalanyang ada pada transportasi umum. Pada industri periklanan televisi, iklan yang persuasif atau mampu menarikperhatian adalah iklan yang atraktif, memiliki gambar yang bagus, serta dengan tambahan iringan musik yangcatchy dan sesuai dengan tema iklan yang ditampilkan.

Jenis-jenis iklan pun bermacam-macam. Berdasarkan infirmasi dari blog keuangan terpercaya, tidak jarang pula dibuat format iklan dengan tema yang memuat unsur humor atau sengaja dibuat lucu agar mengena dan mudah diingat oleh masyarakat. Selain iklan yang memiliki unsur humor didalamnya, terdapat iklan dengan pesan moral yang ingin disampaikan kepada masyarakat. Iklan tersebut biasanya mengangkat isu-isu sosial sehari-hari baik tentang pekerjaan, lingkungan sosial, maupun keluarga.

Dalam membuat iklan yang baik, tentu para pembuat iklan tidak dapat mengabaikan kode etik dan peraturan dalam pembuatan sebuah iklan. Misalnya saja, iklan harus mempertimbangkan aspek-aspek yang tidak bertentangan atau menyinggung tentang SARA atau pornografi, tidak memuat produkproduk yang kontroversial dan berbahaya seperti alkohol dan perjudian, mempertimbangkan norma-norma sosial, tidak stereotype, tidak mengusung isu rasial, serta tidak menyinggung perasaan suatu individu, komunitas maupun golongan tertentu. Sebuah iklan hendaknya tidak membohongi konsumen, hal ini berarti iklan yang ditawarkan atau ditampilkan tersebut benar-benar memiliki deskripsi maupun kualitas seperti yang digambarkan dalam iklan.

Iklan adalah sarana komunikasi bagi penjual dengan calon pembeli. Hal yang dikomunikasikan dalam iklan adalah nilai dari barang dan jasa yang ditawarkan itu sendiri. Iklan akan mencerminkan pola dan gaya hidup masyarakat, karena hal-hal baik produk maupun jasa yang digunakan oleh masyarakat akan tercermin dalam sebuah iklan. Dalam perkembangan zaman yang semakin modern, pembuatan iklan juga mengalami kemajuan. Namun kemajuan pembuatan iklan ini juga berbarengan dengan fungsi iklan itu sendiri. Iklan memiliki 3 fungsi utama, yaitu di bidang ekonomi, sosial, dan aspek psikologis.

Di bidang ekonomi, iklan berperan sebagai media yang berperan memberikan pesan yang dapat berdampak persuasif dalam skala yang besar. Iklan dapat memberikan pesan secara viral dan luas mengenai pengenalan suatu produk. Di bidang ekonomi, iklan akan menciptakan pasar yang lebih luas sehingga penjualan dan perputaran kegiatan ekonomi akan terus berjalan. Atas dasar perannya yang bersifat persuasif, secara ekonomi iklan akan berfungsi juga sebagai perantara antara calon pembeli yang memerlukan suatu barang atau jasa dengan penjual barang tersebut.

Selain itu secara ekonomi, kemajuan industri iklan yang kian melesat juga dapat membuka lapangan pekerjaan di dalam industri periklanan yang semakin kreatif dan inovatif. Di bidang sosial, iklan berperan sebagai alat yang memiliki peran terbesar dalam hal nilai-nilai sosial dan budaya. Seperti yang kita ketahui, materi iklan tidak hanya memuat gambar, namun pasti juga memuat unsur-unsur tulisan didalamnya. Tulisan dalam iklan tentu bertujuan untuk mempengaruhi orang yang membacanya. Jenis dari iklan memang beraneka ragam, ada yang bertujuan untuk menjual produk berupa barang atau jasa, namun tidak sedikit pula yang bertujuan untuk mengajak masyarakat yang melihat iklan tersebut untuk melakukan hal yang tercantum di dalam iklan.

Dalam iklan tersebut sebenarnya masyarakat hanya dianjurkan untuk melakukan sebuah hal, bukan sebuah pemaksaan. Contohnya adalah iklan yang menghimbau masyarakat untuk menghemat penggunaan listrik, iklan untuk asuransi pendidikan terbaik. Iklan yang berisi pesan sosial tersebut mampu memberikan dampak yang besar bagi gerakan hemat energi. Contoh kata-kata yang tercantum dalam iklan tersebut adalah “Hemat Listrik, Selamatkan Bumi”.

Dengan sedikit kata-kata tersebut, masyarakat akan sadar dan tergugah untuk lebih mempedulikan dan menjaga lingkungan hidup. Pada aspek psikologis, iklan memiliki dampak psikologis terhadap perilaku masyarakat. Secara psikologis, iklan mampu mempengaruhi kepribadian konsumen, sikap, persepsi atau pendapat, keyakinan, maupun gaya hidup masyarakat.

Hal ini terjadi karena proses penyampaian informasi dari iklan hingga sampai kepada konsumen. Konsumen menerima informasi sebuah produk melalui iklan setelah melewati beberapa proses. Pertama ketika konsumen melihat iklan tersebut, konsumen akan memiliki sedikit keraguan maupun pertanyaan terhadap produk yang ditawarkan, baik mengenai fungsi atau manfaatnya, daya tahannya, dan lain sebagainya. Hal ini akan mengakibatkan adanya tindakan kedua yaitu mengubah perilaku konsumen. Dari hanya memiliki pemikiran dan kecenderungan untuk penasaran dan meragukan, kemudian dilanjutkan dengan tindakan mengecek atau membuktikan keraguan tersebut.

Tindakan ketiga adalah pengaruh iklan tersebut terhadap perubahan sikap. Sikap ini merupakan akumulasi dari seluruh pesan yang diterima oleh konsumen melalui iklan. Dengan kata lain, proses ini bermula dari learn, do, dan feel (belajar, bertindak, dan merasakan).

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *