Home » Bibit » Grosir Bibit Srikaya Murah

Grosir Bibit Srikaya Murah

Grosir Bibit Srikaya Murah. Buah srikaya adalah buah yang ketika sudah matang dapat secara langsung dikonsumsi,yang mana anda akan mendapatkan sensasi yang berbeda ketika memakan buah srikaya ini yaitu  rasa yang sangat legit dan juga menyegarkan. Meskipun bukan termasuk tumbuhan asli Indonesia, keberadaan tanaman srikaya di Indonesia cukup dikenal luas dan juga menjadi sangat populer karena buah ini mudah ditanam.

Grosir Bibit Srikaya Murah

 

Srikaya pada masa awal di temukan di wilayah seberang hindia barat pada abad ke 16 masehi,lalu kemudian di sebarluaskan hingga pada akhirnya berada di indonesia,srikaya ini adalah tanaman yang mudah untuk di budidaya,tanaman ini sangat suka dengan tanah yang berbatu dan sangat cocok untuk di tanam di berbagai wilayah dan tak mengenal musim ataupun cuaca.

Srikaya merupakan sebuah buah yang memiliki kemiripan dengan sirsak,namun pada hal ini terdapat sebuah perbedaan yakni pada ukuran buah dan juga rasa buah. Srikaya merupakan buah tropis yang berasal dari Indonesia dan buah ini juga sangat banyak ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia.  Buah srikaya ini memiliki ciri fisik berduri halus layak nya buah sirsak.

Tanaman srikaya ini merupakan tanaman denhgan pohon menjulang tinggi hingga 8 meter,mempunyai bentuk daun yang berselang, sederhana, lembing membujur, dengan bentang ukuran tiap daunnya mencapai 7-22 cm dan mempunyai panjang dan juga lebar sekitar 3-7 cm,Bunga pada tanaman srikaya akan sering muncul di dalam tandan sebanyak 3-6, pada tiap bunga mempunyai lebar 2-7 cm, dengan enam daun bunga/kelopak, kuning-hijau berbintik ungu di dasarnya.

Bentuk buah srikaya ini biasanya bundar atau juga sangat mirip dengan kerucut cemara, rata-rata buah srikaya ini berdiameter antara 6-14 cm, dengan lapisan kulit berbenjol dan juga bersisik,pada bagian daging buahnya berwarna putih cerah dan banyak mengandung air buah srikaya ini hampir menyerupai podeng,dan juga memiliki rasa manis seperti podeng.

Di dalam buah srikaya ini banyak mengandung senyawa penting seperti energi, protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, dan zat besi,selain itu juga srikaya ini banyak  mengandung vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C, tak hanya pada buah namun akar dan kulit kayu srikaya ini juga mengandung senyawa lainnya seperti flavonoida, borneol, camphor, terpene, dan alkaloid anonain,akar dari srikaya ini juga mengandung saponin, tannin, dan polofenol,pada bagian Biji tak luput juga  mengandung minyak, resin, dan bahan beracun yang sangat bersifat iritan. Karenanya baik daun, akar, buah, kulit kayu, maupun bijinya bisa dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit.

Buah srikaya   ini awalnya berasal dari negara taiwan,masyarakat taiwan biasa menyebut tanaman ini dengan sebutan nona,tak hanya di taiwan melainkan sekarang ini banyak negara-negara lain yang mencoba berbudidaya tanaman srikaya   ini seperti cuba,pakistan,indonesia,dan juga negara jepang,namun di jepang srikaya ini kerap dijadikan sebagai pakan ternak seperti kelinci ataiupun binatang ternak lainnya,di karenakan srikaya ini sangat cocok membantu pertumbuhan hewan ternak.

Buah   memiliki ukuran yang agak besar dan menyerupai organ jantung manusia,mempunyai daging buah yang berwarna putih tulang dengan kandungan sedikit air yang ada  di dalamnya,menjadikan buah srikaya ini suatu buah yang menyegarkan kala di konsumsi secara langsung,tak hanya itu juga buah srikaya ini kerap dijadikan sebuah minuman yang segar dengan mengambil sari buah srikaya kemudian di rebus.

Tidak berbeda jauh dengan srikaya pada umum nya,pohon srikaya   ini emmiliki pohon dan juga kayu yang sama dengan jenis biasa,yang membedakan hanyalah corak warna batang pohon saja,jika pohon srikaya biasa berwarna batang coklat gelap maka sebaliknya dengan tumbuhan srikaya  ini yang mempunyai batang kayu berwarna coklat muda dan agak sedikit terdapat bercak-bercak hitam di sekitaran batang pohon atau ranting nya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *