Home » Otomotive » Begini Cara Mengurus Stnk Yang Hilang Di SAMSAT

Begini Cara Mengurus Stnk Yang Hilang Di SAMSAT

Apakah anda saat ini sedang kehilangan STNK kendaraan bermotor? Tentunya kehilangan STNK yang termasuk dokumen berharga dan merupakan bukti kepemilikan yang sah kendaraan bermotor membuat anda menjadi tidak tenang. Terutama saat anda mengendarai kendaraan bermotor yang melewati jalan-jalan raya, anda merasa was-was apalagi jika ada tilang polisi makin-makin rasanya.

Nah agar rasa tidak tenang tersebut hilang, mau tidak mau anda harus mengurus stnk yang hilang dengan membuat stnk yang baru di SAMSAT. Pertama anda harus segera membuat laporan surat kehilangan di kantor kepolisian setempat, bisa ke Polres atau Polsek. Setelahnya anda siapkan semua berkas syarat yang dibutuhkan untuk mengurus STNK hilang di SAMSAT.

Persyaratan Mengurus STNK Hilang

Begini Cara Mengurus Stnk Yang Hilang Di SAMSAT

Cara mengurus stnk hilang (artikel tanpa linknya lupa ya bos?) ada beberapa syarat yang harus dilengkapi, Persyaratan yang harus dilengkapi untuk mengurus STNK yang hilang meliputi beberapa hal dibawah ini:

  1. KTP yang tercantum dalam kepemilikan STNK yang hilang tersebut baik yang asli maupun yang fotokopi.
  2. Fotokopi STNK lama yang hilang.
  3. Surat keterangan hilang dari kepolisian.
  4. BKPB dari STNK kendaraan bermotor yang hilang. Jika status kendaraan bermotor masih kredit, bisa meminta fotokopi BKPB dan surat pengantar di dealer kredit motor anda. Lalu dilegalisir di Polres.

Setelah semua persyaratan lengkap, selanjutnya ikuti prosedur di bawah ini. Prosedur pengurusan STNK yang hilang di SAMSAT meliputi:

  1. Prosedur pertama adalah cek fisik kendaraan. Lakukan cek fisik kendaraan bermotor untuk mendapatkan keterangan resmi nomor mesin dan nomor rangka kendaraan yang STNKnya hilang.
  2. Setelah itu, silakan isi minta formulir Pendaftaran di bagian Tata Usaha. Dan isi sesuai dengan data yang diminta.
  3. Setelah kamu serahkan kembali formulir pendaftaranya, lanjutkan dengan mengurus surat keterangan STNK hilang dari Samsat.
  4. Jangan lupa, Semua persyaratan dibawa dan ditambah bersama dengan formulir pendaftaran yang sudah diisi.
  5. Lalu serahkan ke loket STNK hilang. Surat keterangan STNK hilang disini berbeda dengan surat keterangan hilang dari kepolisian setempat. Surat tersebut berisi keterangan keabsahan STNK terkait
  6. Mengurus pembuatan STNK baru atas STNK yang hilang di loket BBN II. Di loket ini silakan kamu serahkan semua semua persyaratan yang telah kamu bawa beserta dengan surat keterangan STNK hilang.
  7. Pembayaran pajak kendaraan bermotor. Berkas-berkas yang anda serahkan tadi akan diurus. Kalau tidak ada masalah, anda akan dipanggil untuk membayar Pajak Kendaraan Bermotor, namun jika anda sudah membayar pajak sebelum STNK hilang maka langkah ini tidak akan dipanggil.
  8. Pengambilan STNK dan SKPD (Surat Ketetapan Pajak Daerah). Selain STNK dan SKPD, KTP asli pemilik kendaraan juga akan kita ambil kembali pada loket terakhir.

Setelah anda mengetahui dengan jelas prosedur berkas yang diperlukan dan cara mengurus STNK kendaraan motor yang hilang maka anda bisa segera mengurusnya. Soalnya tidak ada alasan menunda mengurus STNK yang hilang akibat tidak tahu cara pengurusannya. sebaiknya anda mengurus STNK yang hilang tanpa menggunakan jasa calo, namun anda buat sendiri. Soalnya biaya pengurusan STNK hilang sangat terjangkau apabila diurus sendiri.

Adapun biaya pengurusan STNK yang hilang yaitu sekitar 50 ribu untuk kendaraan bermotor roda 2,3 atau kendaraan umum. Sedangkan kendaraan bermotor dengan roda 4/lebih dikenakan biaya sekitar 75 ribu. Akan tetapi jika menggunakan jasa calo, anda harus meraih kocek lebih dalam pasalnya terkena biaya jasa mereka. Dan waktu yang dibutuhkan bisa lebih lama.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *