Home » Peternakan » Cara memelihara burung lovebird

Cara memelihara burung lovebird

Lovebirds adalah burung beo kecil dengan bulu warna-warni dan kepribadian menyenangkan. Sebagai hewan peliharaan, burung-burung kecil ini dikhususkan dan bermain dengan pemiliknya. Dengan perhatian dan perhatian yang tepat, seorang lovebird dapat hidup selama 8 hingga 12 tahun, atau lebih lama. Satu mitos umum seputar menjaga sejoli sebagai hewan peliharaan adalah bahwa mereka harus tetap berpasangan untuk kesejahteraan mereka sendiri, jika tidak mereka akan menderita atau mati. Bahkan, sebagian besar peternak lovebird berdebat untuk menjaga sejoli sebagai hewan peliharaan tunggal, dengan pemilik bertindak sebagai kawanan lovebird.

Jangan khawatir tentang membeli lebih dari satu lovebird atau mengikat lovebird Anda ke lovebird lain. Berlawanan dengan kepercayaan populer, menjaga sejoli sebagai hewan peliharaan tunggal tidak dikecam oleh peternak dan ahli, jadi jangan terlalu khawatir untuk membeli lebih dari satu lovebird dalam satu waktu. Bahkan, memperkenalkan lovebird lain ke lovebird Anda di kemudian hari bisa berbahaya, karena lovebird yang lebih tua mungkin mencoba untuk menyakiti atau membunuh burung baru. Risiko lain untuk memelihara lebih dari satu lovebird adalah bahwa burung-burung akan ingin terikat satu sama lain, bukan Anda, pemiliknya.
Jika Anda ingin menyimpan lebih dari satu lovebird sekaligus, perkenalkan burung itu ketika mereka masih sangat muda. Sekelompok kekasih menciptakan hierarki sosial, jadi ada satu burung alfa dan setiap burung mengikuti alfa.
Mitos umum lainnya adalah bahwa sejoli bisa berarti atau agresif, terutama kekasih wanita yang menandai wilayah mereka atau kandang mereka. Kebanyakan peternak setuju bahwa lelaki sejoli membuat hewan peliharaan yang lebih baik, meskipun pria juga dapat menunjukkan perilaku teritorial dan kicauan pada jari yang masuk ke kandang. Kebanyakan sejoli, pria dan wanita, memiliki temperamen yang ringan. Untuk melawan serangan apa pun dari mereka, penting bagi Anda untuk melatih lovebird Anda agar tidak menggigit.

Menjadi akrab dengan ras lovebird yang berbeda. Ada banyak ras kekasih yang berbeda, tetapi tiga ras yang paling populer adalah:
Peach-faced lovebird: Burung kecil ini adalah jenis yang paling sering dipelihara. Mereka berdiri setinggi 5 inci, dengan gumpalan hijau dan biru, dan memiliki wajah berwarna merah. Peach-faced lovebirds telah dikembangbiakkan menjadi ratusan mutasi warna, dari burung albino putih murni hingga burung ungu tua.
Masked lovebirds: Trah ini memiliki cincin mata, topeng hitam, paruh oranye, bulu kuning dada, dan sayap hijau. Beberapa peternak menganggap kekasih bertopeng lebih agresif daripada dua ras lain yang lebih umum.
Kenang-kenangan Fischer: Dikenal juga sebagai sepasang kekasih mata cincin, karena mereka memiliki lingkaran putih di sekitar mata mereka. Mereka lebih kecil dari kekasih bertopeng yang bertopeng dan bertopeng dan memiliki kicauan yang berbeda dan bernada tinggi. Sebagian besar peternak setuju bahwa Fischer lebih agresif daripada kicau yang bermuka peach atau kekasih bertopeng.

harga lovebird batman
Carilah lovebird di toko hewan peliharaan lokal Anda. Sebagian besar toko hewan peliharaan lokal memiliki sejoli untuk dijual, mungkin buah persik yang dihadapi dan kekasih Fischer. Sebelum Anda membeli lovebird, periksa bahwa:
Burung itu terlihat sehat. Burung harus bersemangat, aktif, dan waspada dengan mata yang jernih. Mereka juga harus memiliki cere yang jelas, atau area hidung yang berdaging, dan lubang hidung, atau lubang hidung. Anda tidak dapat melihat lubang hidung biasanya pada beberapa sejoli. Minta seseorang untuk memeriksa apakah lovebird sehat.
Saksikan burung itu makan dan minum untuk memastikan burung itu memiliki selera makan. Burung itu juga harus dipersiapkan dengan rapi, dengan bulu-bulu yang cerah. Bulu-bulunya harus dihaluskan sebagian besar ke tubuh, tidak berbulu atau terangkat. Jika ya, burung itu adalah satu dari empat hal. Entah sakit, dingin, melindungi sesuatu, atau marah. Jadi pikirkan dua kali. Kaki dan kaki burung harus halus dan bebas dari gumpalan, scab, dan sisik kasar.
Burung itu harus bersuara dengan Anda dalam celetukan, klik, dan peluit. Sebagian besar sejoli tertarik untuk berkomunikasi dengan wajah-wajah baru, meskipun beberapa burung dapat menjadi pemalu atau terintimidasi di sekitar orang-orang baru. Seekor burung yang sehat akan percaya diri dan ingin tahu, tetapi berhati-hati dan sadar juga.
Jika memungkinkan, mintalah untuk memegang atau menyentuh burung. Pastikan burung tertarik untuk berinteraksi dengan Anda dan tidak menggigit atau menyakiti Anda. Ini mungkin tanda burung itu agresif. Jika dia hanya menggigit jari Anda, ia hanya memeriksa Anda untuk melihat apakah ia menyukai Anda. Tetap tenang!! Anda terbiasa untuk itu dari waktu ke waktu, dan selama itu tidak sakit, tidak apa-apa.

Tips beternak lovebird bagi pemula
Cari online untuk peternak lovebird. Ada beberapa database peternak lovebird yang tersedia secara daring yang dapat Anda telusuri berdasarkan negara bagian atau wilayah Anda dan jenis yang Anda sukai. [2] Berhati-hatilah terhadap burung yang terlalu mahal dan selalu hubungi peternak secara langsung untuk menjalin hubungan sebelum Anda membeli seekor burung dari mereka.
Sebagian besar peternak terkemuka mengangkat burung mereka. Ini berarti mereka terlibat dalam setiap tahap pembibitan, mulai dari memilih pasangan untuk menciptakan lingkungan perkembangbiakan yang baik dalam kandang untuk mempertahankan diet dan nutrisi burung.
Peternak juga akan hati-hati mengawasi telur dan merawat bayi sampai mereka menemukan rumah yang cocok. Beberapa peternak akan memberi makan bayi-bayi itu untuk menjinakkan mereka dan menghentikannya dari orang tua mereka.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *