Home » Kesehatan » Bagaimana cara memulai diet yang sehat?

Bagaimana cara memulai diet yang sehat?

Banyak orang ingin mulai makan sehat dan mengikuti diet yang lebih bergizi. Ketika Anda diet mengandung banyak makanan yang terlalu diproses, makanan tinggi lemak atau makanan tinggi gula, Anda meningkatkan risiko Anda untuk berbagai kondisi kesehatan kronis. Di sisi lain, diet yang bergizi dan seimbang dapat mendukung sistem kekebalan tubuh Anda, perkembangan yang sehat, dan mengurangi risiko obesitas, diabetes, dan tekanan darah tinggi. Buat perubahan kecil untuk diet Anda selama beberapa minggu dibandingkan dengan banyak perubahan drastis sekaligus, dan Anda akan dapat mempertahankan cara makan yang lebih sehat dan menikmati manfaat kesehatan dari diet yang sehat.


Tetapkan tujuan untuk diri sendiri. Memulai diet yang lebih sehat adalah tujuan menyeluruh yang besar; Namun, untuk membuat tujuan Anda lebih realistis dan dapat dilakukan, Anda harus lebih spesifik tentang apa yang Anda inginkan dari “diet sehat.”
Mungkin bermanfaat untuk pertama-tama memikirkan diet Anda saat ini. Apa yang tidak sehat tentang itu? Apakah Anda perlu makan lebih banyak sayuran hijau? Apakah Anda perlu minum lebih banyak air? Haruskah Anda ngemil lebih sedikit?
Tulis daftar hal-hal yang ingin Anda ubah, tambahkan atau hentikan tentang diet Anda saat ini. Gunakan ide-ide ini untuk membentuk beberapa sasaran kecil untuk membantu Anda mencapai diet yang lebih sehat.
Cara terbaik untuk mencapai tujuan apa pun adalah memulai dengan satu atau dua perubahan yang sangat kecil. Mencoba untuk merombak seluruh diet Anda dalam beberapa hari mungkin tidak akan berhasil. Pilih sesuatu yang kecil untuk dikerjakan setiap minggu. Anda akan jauh lebih sukses dalam jangka panjang.

Mulai jurnal makanan. Setelah Anda mencapai beberapa tujuan dan bagaimana Anda dapat mencapainya, pertimbangkan untuk memulai jurnal makanan. Ini akan berfungsi sebagai metode untuk melacak dan mengevaluasi kemajuan Anda.
Tulis semua tujuan Anda dalam jurnal makanan Anda. Anda dapat memeriksanya sesuai kebutuhan atau mengubahnya saat Anda terus melakukan perubahan pada diet Anda.
Juga lacak semua makanan dan minuman Anda di jurnal makanan Anda. Ini akan membantu Anda secara fisik melihat apa yang hilang dari diet Anda atau apa yang Anda makan terlalu banyak. Pastikan untuk menulis setiap sarapan, makan siang, makan malam, kudapan (bahkan beberapa camilan) dan minuman yang Anda konsumsi sepanjang hari. Semakin akurat Anda, semakin baik sumber daya ini.
Setiap minggu dalam jurnal makanan Anda, tuliskan perubahan yang ingin Anda kerjakan. Misalnya, “Minggu ini, saya akan minum delapan gelas air setiap hari.” Pada akhir minggu, kembali ke jurnal Anda untuk melihat apakah Anda telah menyelesaikan tujuan ini.
Ada banyak aplikasi yang tersedia untuk diunduh di ponsel cerdas Anda yang dapat membantu Anda melacak kalori, olahraga, dan bahkan berapa banyak air yang Anda minum.

Buat rencana makan. Rencana makan adalah alat yang hebat ketika Anda mencoba mengikuti rencana diet baru. Rencana ini adalah panduan dan cetak biru untuk minggu Anda makan dan camilan.
Paket makan dapat membantu Anda tetap teratur dan di jalur sepanjang minggu. [5] Anda akan tahu persis apa yang akan Anda miliki dan pada hari apa. Dengan cara ini Anda dapat pergi ke toko kelontong dengan daftar tertentu, hanya membeli apa yang Anda rencanakan untuk digunakan dalam makanan Anda selama seminggu. Anda juga dapat merencanakan sebelumnya untuk hari-hari sibuk – misalnya, jika Anda tahu Anda akan sangat sibuk dan bekerja lembur pada hari Kamis, buatlah sesuatu pada hari Rabu bahwa Anda dapat dengan mudah memanaskan ulang dan memiliki sisa makanan pada hari Kamis.
Juga tulis daftar belanjaan yang sesuai dengan rencana makan Anda. Ini akan membantu Anda masuk dan keluar dari toko kelontong dan memastikan Anda memiliki semua bahan yang diperlukan di rumah untuk membuat semua makanan Anda.
Jangan melewatkan makan. Jika saat ini Anda melewatkan makan, pastikan untuk menjadwalkan makan atau camilan sehat untuk diri sendiri setidaknya setiap empat jam. Melewatkan makan lebih cenderung mengarah pada pesta makan kemudian, yang berkontribusi pada penambahan berat badan.

Persiapan makanan di waktu luang Anda. Jika Anda sibuk dan memiliki sedikit waktu untuk membuat makanan dari awal, persiapan makanan akan menjadi kunci untuk mengikuti diet sehat Anda yang baru.
Persiapan makanan membantu Anda mendapatkan banyak pekerjaan memasak dari awal atau memasak di rumah sepanjang waktu luang. Ketika tiba waktunya untuk makan malam pada hari kerja yang sibuk, Anda harus memiliki sebagian atau bahkan semua masakan yang sudah matang.
Rencanakan satu atau dua hari selama seminggu ketika Anda memiliki waktu luang untuk melakukan persiapan makan Anda. Tinjau rencana makan dan daftar belanjaan Anda dan cobalah mencari cara untuk memasak.
Persiapan makanan fleksibel. Anda dapat memasak makan malam penuh terlebih dahulu sehingga Anda hanya perlu memanaskan kembali malam Anda ingin memakannya, atau Anda bisa mencuci atau memotong sayuran atau merendam daging sehingga Anda dapat memasak malam dengan cepat.
Juga pertimbangkan membeli makanan yang membutuhkan lebih sedikit persiapan untuk memulai. Misalnya, Anda dapat membeli pra-dicuci dan memotong kantong selada, bukan seluruh selada, sayuran beku yang panas dan disajikan, atau protein tanpa lemak pra-panggang seperti potongan ayam panggang.
Persiapan makanan bisa menjadi waktu untuk bertemu dengan orang lain. Mintalah pasangan Anda atau anak-anak untuk membantu Anda mempersiapkan sementara Anda berbicara tentang apa yang telah terjadi dalam hidup Anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *